Thursday, May 27, 2010

Alpha, Prius MPV dari Toyota

Sedikit demi sedikit teka teki kehadiran Prius MPV dari Toyota rasanya mulai terkuak. Pabrikan Jepang ini diperkirakan akan memberikan nama "Alpha" beri mobil hybrid tersebut.

Sejumlah rumor menyebutkan, Prius minivan berdimensi kompak itu akan menggunakan nama "Alpha". Dan inilah model hybrid Toyota pertama yang bakal mengadopsi baterai lithium-ion.

Selain itu sumber-sumber internal pabrikan Jepang ini juga menyebutkan, Toyota Prius Alpha MPV akan dibangun dari platform Prius Sedan generasi ketiga (Prius Gen 3) yang ada saat ini. Demikian dilansir dari Autoevolution, Kamis (27/6/2010).

Bodi Alpha akan lebih panjang 300 mm dibanding Prius sedan, sementara jarak sumbu roda juga melar 20 mm dari Prius Gen 3. Diperkirakan akan muncul pada maret 2011, Alpha Prius akan menjadi model hybrid tujuh penumpang berdimensi kompak.

Sementara itu dari bawah bonet, disebut-sebut Toyota masih mengandalkan mesin 1.8 liter dengan siklus Atkinson bersistem THSII yang sama dengan Prius Gen 3. Namun dengan racikan baru, mesin bensin ini diklaim mampu menghasilkan daya 98 dk sementara dari motor listriknya tersimpan tenaga 81 daya kuda.

Bila kedua mesin itu digabungkan maka sanggup menyalurkan daya sebesar 135 hp. Untuk konsumsi bahan bakarnya, Priius Alpha kemungkinan akan lebih boros dari versi sedannya karena ukuran yang lebih besar dan juga kemampuan angkut yang lebih banyak.

Produsen Negeri Matahari Terbit itu dikabarkan baru akan mengumumkan secara resmi mengenai Prius MPV ini termasuk harga yang bakal dibanderolnya di akhir 2010.



Bookmark and Share




No comments:

Post a Comment