Friday, May 14, 2010

Persaingan Moge Keluaran Tiga Pabrikan Jepang

Jepang terkenal karena kehebatan industri otomotif yang mendunia, baik mobil maupun sepeda motor. Sebut saja, Kawasaki, Suzuki dan Yamaha. Kini, tiga pabrikan asal Negeri Samurai itu terus bersaing sengit dalam merebut pasar jenis sepeda motor gede alias moge. Ada tiga model yang diunggulkan, yakni Kawasaki Ninja 650, Suzuki GSX650F, dan Yamaha FZ6R.

Nah, apa persamaan dan perbedaan ketiga merek sepeda motor yang paling digemari tersebut? Boleh dibilang, selain memiliki bentuk hampir serupa, ketiganya dapat disebut pula sebagai motor balap dengan kekuatan mesin yang tangguh.

Persamaan dari ketiga motor tersebut adalah memiliki mesin yang tidak cepat panas dan tak berkarburator. Dengan kata lain, lebih mengirit penggunaan bensin. Terlebih, ketiganya mempunyai sistem pendingin cairan dan bahan bakar secara injeksi elektrik.

Paralel Kawasaki-Twin menggantikan 649 cc dan redlines di 11.000 rpm. Suzuki memiliki inline-Four sebesar 656 cc dan dengan kecepatan penuh sampai 12.500 rpm. Sedangkan Yamaha memiliki inline-Four sebesar 600 cc dan redlines 11.500 rpm.

Adapun mesin Kawasaki telah diluncurkan ke seluruh dunia, terutama di Eropa dengan jenis 2005 ER-6n. Selanjutnya, dirilis kembali pada 2006 untuk jenis ER-6f (faired, alias Ninja 650). Blok silindernya dipasang untuk berdasarkan desain dari motor Kawasaki terdahulunya EX500 (Ninja 500R). Namun, 650 lebih berkembang, kompak dan kuat.

Sementara, pada 2007, Suzuki mengeluarkan produk Bandit 650, dengan menggunakan model Eropa. Motor keluaran Suzuki ini berlanjut pada Katana 600. Namun, tidak seperti seri Katana yang digunakan sebelumnya, mesin jenis ini memiliki mesin yang dapat mendinginkan udara-minyak mesin. Teknologi ini diadaptasi dari generasi pertama GSX-R di era 80-an.

Pada motor Yamaha, mesinnya adalah versi turun dari 2003, yaitu jenis R6. Pada dasarnya jenis FZ6R adalah pembaharuan dari mesin sebelumnya, yaitu tipe FZ6. Meskipun dibuat dengan bingkai baja tubular, jenis motor ini tidak memiliki frame perimeter yang canggih. Kekurangan dari motor ini adalah ban belakang seri 180 yang diadaptasi dari sepeda. Karena itu, Yamaha FZ6 bukan produk unggulan dari Yamaha.

Walau demikian, tentunya, ketiga model sepeda motor tersebut memberikan harapan dan kepuasan baru bagi para pencinta kendaraan roda dua.


Bagikan

No comments:

Post a Comment