Sunday, May 9, 2010

Suara "Aneh" Jadi Himbauan Bagi Produsen Mobil

Mobil elektrik didorong untuk bisa mengeluarkan suara-suara aneh seperti di film Star Wars. Jadi para pejalan kaki bisa menghindar saat mengetahui kedatangan mereka.

Para pejabat penegak hukum di Uni Eropa, Jepang dan Amerika Serikat meminta agar para produsen mobil mengubah suara mobil menjadi aneh dan bernuansa fiksi ilmiah seperti di film Star Wars.


Para ahli berpendapat, mobil elektrik umumnya bersuara sangat halus sehingga tidak menimbulkan bunyi bising. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan kecelakaan yang mungkin saja menimpa para pejalan kaki. Maka dari sinilah ide untuk membuat mobil bersuara aneh berasal.

Dikutip dari Telegraph, Kamis (6/5/2010), riset yang dilakukan di University of California menemukan, sebelum keberadaannya diketahui pejalan kaki, mobil elektrik memiliki jarak 40 persen lebih dekat jika dibandingkan dengan mobil konvensional yang mengeluarkan suara bising.

Pangsa pasar mobil eletrik saat ini masih didominasi oleh produk-produk Toyota Prius dan G-Wiz. Dua produk mobil elektrik ini bahkan hampir tidak mengeluarkan suara saat dijalankan.

Produsen mobil lainnya seperti Nissan, Ford, dan MINI pun kini bersiap membuat mobil elektrik yang lebih aman dan nyaman digunakan keluarga.

No comments:

Post a Comment