Wednesday, May 5, 2010

Biaya Mounting Speaker di Panel A

Penambahan Speaker Tweeter, Midrange, dan Midbass sudah pasti ditempuh oleh penggemar audio mobil dan biasanya penambahan speaker juga membutuhkan penempatan khusus alias custom made. Khususnya Speaker Tweeter dan Midrange biasanya diletakan diatas dashboard bisa dengan tiang aluminium, mounting di kaca, atau mounting didalam panel A.

Diantara ketiga alternatif diatas penggunaan tiang aluminium dan mounting di kaca hanya bisa dilakukan untuk tweeter saja. Sedangkan lebih dari itu sudah pasti wajib menggunakan mounting pada Panel A. Selain kewajiban, banyak pemilik mobil juga memilih mounting di panel karena hasil akhir akan terlihat lebih elegant dengan finishing yang menyatu dengan keseluruhan interior. Rapih dan ciamik.

Berapa biaya pembuatan panel custom?

Menurut hasil survey tim SitusOtomotif.com harga bisa berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000 tergantung pada jumlah speaker yang ditanam (2 way atau 3 way) dan tentu saja kualitas pengerjaan berbeda untuk setiap instalatur audio. Untuk sistem 2 way berarti yang ditanam hanya tweeter saja, sedangkan untuk sistem 3 way yang ditanam adalah tweeter dan midrange.

Pembuatan panel A untuk tanam speaker

Pembuatan panel custom ini membutuhkan bahan-bahan seperti resin, catalyst, fiber mat, wax dan juga dempul. Panel pilar A original harus dicopot terlebih dahulu untuk kemudian digunakan sebagai model pencetakan. Tahap awal pembuatan menggunakan resin yang dicampur dengan mat fiber yang dicampurkan dengan catalyst untuk membantu proses pengeringan. Campuran ini menjadi resep masing-masing instalatur karena komposisi campuran turut menentukan kualitas hasil akhirnya. Salah racik bisa membuat panel melengkung atau melintir. Resiko tidak pas pun bisa timbul bila pengerjaan teledor.
Panel asli juga harus dijaga agar tidak rusak. Oleh karena itu panel asli harus diolesi dengan wax sebelum dijadikan model cetakan. Bila tidak kemungkinan panel asli akan sobek, cacat atau kotor. Setelah cetakan original selesai giliran pembuatan dudukan speaker. Pembuatan dudukan ini menggunakan ring kayu yang diukur sesuai dengan ukuran masing-masing speaker.

Peletakan dan Arah Speaker

Untuk arah, instalatur biasanya menggunakan perangkat yang bernama RTA (Real-Time Analyzer) untuk mengukur response setiap kemungkinan posisi speaker. Dengan alat ini instalatur dapat menentukan ketinggian dan arah terbaiknya. Hal ini dilakukan terhadap speaker pada panel sebelah kanan dan kiri. Dicari titik dimana suara akan fokus, tepat dan tidak pecah.

Tahap akhir, Panel yang sudah rapih dan arah yang sudah tepat sudah siap dipasang dan dicat atau dibungkus sesuai dengan interior mobilnya.

Jelas sekali pengerjaan diatas memerlukan ketelitian dan kejelian instalatur. Oleh karena itu hasil pengerjaan tentunya sepadan dengan harga yang dibayarkan.

No comments:

Post a Comment