Friday, May 14, 2010

West Java Adventure 2010 Diikuti 139 "Off Roader"

Sebanyak 139 "off roader" dari 34 klub dipastikan turun pada "West Java Adventure 2010" yang akan berlangsung 27-30 Mei 2010 di kawasan Jawa Barat. Kegiatan wisata off road memperebutkan Piala Gubernur Jawa Barat itu akan mengambil start dari Kota Bandung dan finish di Pantai Sindang Barang Kapubaten Cianjur.

"West Java Adventure Off Road merupakan agenda tahunan dalam rangka mempromosikan wisata alam di kawasan Jabar Selatan, rutenya melintasi jalur-jalur menantang di Pantai Selatan Jabar," kata Kepala Bidang Kepariwisataan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Barat, H Dani "Zidan" Herdiana di Bandung, Selasa (4/5).

Para pendaftar terus bertambah sejak dibuka pada 27 April 2010 lalu. Sebagian besar off roader berasal dari Kota Bandung, selain itu juga dari kawasan Tegal, Pekalongan, Yogyakarta, Batang, DKI Jakarta dan Banten. Kegiatan hasil kerjasama Disbudpar Jawa Barat dengan Paguyuban Jeep Bandung (PJB) mewajibkan setiap peserta menggunakan kendaraan berpenggerak empat roda atau 4x4 dengan ban untuk menempuh jalan berlumpur.

Setiap peserta diwajibkan melengkapi kendaraanya dengan sejumlah alat pengalaman seperti helm, alat pemadam kebakaran, radio komunikasi, pelindung plat besi, rool bar serta 'winch elektrik' danb juga kotak PPPK. "Pokoknya seluruh alat pengaman untuk off road diwajibkan dipakai pada kegiatan ini," kata Dani.

Persyaratan lainnya, setiap peserta disarankan menggunakan 'engine cut-off' atau pemutus arus, memasang cargo barrier, membata 'hi-lift Jack', BBM cadangan, memasang snorkie serta akomodasi lainnya untuk perjalanan. "Sepanjang perjalanan mereka juga melakukan aksi promosi wisata, dan menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

Event "West Java Adventure Off Road" merupakan salah satu kegiatan primadona yang ditunggu-tunggu oleh "off roader" Jabar dan juga dari beberapa daerah lainnya. Rute kegiatan itu biasanya tidak jauh dari jalur selatan, baik ke arah Pangandaran maupun ke arah Sukabumi.


Bagikan

No comments:

Post a Comment