Tuesday, March 16, 2010

Westfield Sportscar iRacer, Mobil Balap Listrik

Seperti yang diharapkan semua orang, akhir-akhir ini banyak bermunculan model-model produksi mobil listrik, yang tak lain bertujuan untuk untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan menyelamatkan planet ini.

Sehingga, wajar bila beberapa prediksi mengatakan, penjualan kendaraan listrik akan menjadi sangat penting dalam beberapa tahun mendatang, yang membuat produsen mobil berlomba-lomba menghadirkan teknologi hijaunya.


Bahkan, mobil listrik tidak hanya akan digunakan sebagai mobil penumpang saja, tapi juga mobil balap. Salah satu contoh terbaik adalah Westfield Sportscars iRacer, sebuah mobil balap listrik yang dirancang untuk kompetisi.

Westfield Sportscars iRacer dirancang oleh Elliott Hawkins, seorang lulusan dari sekolah desain dunia yang terkenal, yaitu Royal College of Arts desain kendaraan.

Material yang digunakan untuk iRacer seperti komposit, aluminium, plastik daur ulang dan likra yang membentang di atas rangka aluminium untuk membuat bobot ringan, aerodinamis dan biaya efisien.

"Penggunaan bahan-bahan seperti itu memiliki keterbatasan untuk digunakan dijalan raya, tetapi memiliki manfaat utama untuk balap," ujar Project Manager, Paulus Faithfull seperti dilansir Autoevolution, Senin (15/3/2010).

Bayangkan jika Anda mampu mengubah bodywork mobil dalam hitungan menit, dengan sebuah bodi baru yang membentang di atas rangka, mengubah warna, sponsor atau hanya perbaikan cepat. Material tersebut juga sangat ringan dibandingkan dengan hampir semua bahan alternatif.

iRacer digerakkan oleh dua motor listrik Yasa berkekuatan masing-masing 40 kw, sehingga mampu memproduksi tenaga sebesar 200hp dan torsi 1.000nm, dengan baterai 11-48V sealed lithium-ion phosphate.

Dalam pengemudian normal, Westfield Sportscars iRacer dapat dipacu untuk jarak 50-60 mil.

No comments:

Post a Comment