Monday, March 15, 2010

Mobil Listrik Buatan Kroasia

Ketika anda membicarakan tentang otomotif, pasti yang terlintas di kepala anda hanyalah negara-negara seperti Amerika Serikat, Jerman, Inggris ataupun Jepang. Dan Kroasia pasti tidak akan terlintas dikepala anda.

Namun siapa sangka, negara yang sempat terkenal karena gejolak perang tersebut ternyata sudah mempu membuat sebuah mobil listrik sendiri.


Sebuah perusahaan asal Kroasia bernama DOK-ING beraksi di ajang pameran bergengsi Geneva Auto Show yang saat ini digelar hingga tanggal 14 Maret 2010 mendatang dengan berani menunjukan mobil konsep mereka yakni DOK-ING XD.

DOK-ING XD merupakan sebuah mobil listrik yang memiliki dimensi yang lumayan mungil. Pemilihan model ini ditenggarai sebagai trend masa depan kendaraan dimana dimensi setiap mobil dimasa depan akan sedikit menyusut.

Kehadiran DOK-ING XD tentu layak diapresiasi, namun apakah mobil ini bisa berkembang, kita tentu belum tehu. Karena di kelas mobil listrik mungil sendiri kita sudah mengenal nama-nama besar yang lebih dahulu menunjukan inovasi mereka seperti Mitsubishi i-MiEV, Toyota iQ dan Smart Fortwo.

Namun meski begitu, DOK-ING yang tadinya merupakan sebuah perusahaan yang mengembangkan robot untuk pertambangan ini sepertinya yakin DOK-ING XD akan dapat merambah pasar mobil dunia.

Karena itulah, DOK-ING saat ini masih mencari mitra strategis untuk memproduksi massal DOK-ING XD. Tapi sebelum itu terjadi, DOK-ING sepertinya akan dengan senang hati untuk memproduksi DOK-ING XD berdasarkan pesanan.

No comments:

Post a Comment