Wednesday, March 31, 2010

Honda Odyssey Absolute 2005 : Bass Total

Honda Odyssey keluaran tahun 2005 ini adalah milik Michael. Kendaraan MPV Premium ini termasuk kendaraan CBU di Indonesia, namun bagi Michael kendaraan built up ini masih kurang dari segi tata suara, sehingga owner masih sering kesulitan dalam menghadirkan irama dalam kabin yang enak ditelinga Michael. Menurut Ahau, Installer Somesound, Michael memang hobby dengar musik. "Setiap saat dengar musik, jadi di mobil pun pasang audio," katanya.

KOnsep SQL
Di tangan Ahau, Honda Odyssey berkelir silver mendapat terapi khusus ala workshop Somesound. Perangkat audio standar yang terdapat di mobil ini dimatikan jalur kelistrikannya. Kemudian produk audio aftermarket mengganti produk standar pabrik.

Karena Michael senang kharakter musik dengan bass sempurna, Ahau memprioritaskan sistem suara dynamic dan cocok selera musik sang owner. Solusinya dengan memasang speaker di depan dan belakang kabin, sementara pemasangan 3 subwoofer agar suara bass lebih perkasa alias benar-benar bass total.

Konsep SQL menjadi identitas sistem audio di mobil ini. Lewat perangkat sistem audio yang tertata apik di dalam mobil MPV berhasil mengadirkan suara megah, tidak hanya itu kabin pun dibalut padanan audio kosmetik yang pantas ditunjukkan.

Instalasi Piawai
Head unit bawaan Honda Odyssey memiliki konfigurasi yang sempurna dengan desain dashboard. Tidak hanya itu, head unit ini juga terkoneksi dengan operasi pada stir kemudi. Melihat skematik sistem integrated tersebut, Ahau tetap mempertahankan head unit orisinil, alasan tersebut bisa dimaklumi lantaran sangat bagus jika dilihat dari nilai estetik.

Siasatnya, Installer ramah ini memasang head unit aftermarket Clarion DXZ-786USB di bagian bawah dashboard. Dari sinilah sumber suara di kabin Odyssey bisa diciptakan. Selain keping CD, head unit ini bisa menelan perintah dari MP3 lewat koneksi USB.

Di sisi dashboard tertanam speaker Venom Vi 6 yang terpasang tanpa harus merubah desain pilar A. Ahau dan team Somesound hanya membuat dudukan dari fiberglass yang tertopang sangat erat pada sisi dashboard. Sedangkan midbass diletakkan pada dudukan normal speaker di pintu,dengan menyediakan dudukan midbass di sisi pintu tanpa mengganti doortrim asli mobil sehingga nampak tetap original.

3 subwoofer
Untuk menghasilkan nada bass yang sempurna, Michael mengijinkan Ahau memasang 3 subwoofer yakni Venom VX4012W dan 2 unit enom VX2010W. Subwoofer ini bekerja dengan maksimal saat Michael memutar musik irama trance, maupun house music. Sistem audio ini didukung dengan 3 amplifier, Venom V800.4SII untuk speaker Venom Vi6 dan Venom VX6SII, amplifier 2 channel V500.2SII untuk subwoofer VX2010W yang berjumlah 2 unit, nah monoblock Venom VD2000.SII untuk subwoofer Venom VX4012W.

Penggunaan papan MDF untuk menopang kosmetik audio pun dilakoni, pasalnya box subwooofer yang terangkut di bagasi memiliki dimensi yang cukup besar, siasat agar bagasi tidak terkesan kaku, maka sedikit polesan leather, akrilik dan lampu LED, membuat penampilan lebih trendy. Kendati desain audio kosmetik nampak extrime, namun masih menyiratkan aura elegant sesuai basic kendaraan Honda Odyssey, ciamik! (Ibn)

Spesifikasi :
Head unit : Clarion DXZ-786USB
Speaker : Venom Vi 6" (front)
Venom VX 6SII (Rear)
POwer : Venom V800.4SII
Venom V500.2SII
Venom VD2000.SII
Subwoofer : Venom VX2010W (2 pcs)
Venom VX4012W (1 pcs)
Capbank : Venom VC2.5F (2 pcs)

No comments:

Post a Comment