Tuesday, March 9, 2010

Mengendarai Cruze, Santai Dengan Cruise Control

Salah satu fitur andalan Chevrolet Cruze adalah cruise control. Teknologi lawas itu telah disempurnakan sedemikian rupa oleh General Motor (GM) sehingga Anda tetap mempunyai kendali penuh terhadap laju mobil sembari mengistirahatkan kaki dari pedal gas.

Setelan cruise control ditanam di bagian kiri palang setir sedan mid-size jagoan terbaru GM ini.

Wujud fisiknya berupa tuas kecil yang dapat digeser ke atas dan bawah. Arah bawah untuk mengunci kecepatan yang diinginkan, sedangkan ke atas untuk menambah kecepatan.

"Kalau mau mengurangi kecepatan, tekan pedal rem saja dan otomatis kunci setelan kecepatan akan off," jelas Product Planning and Bussines Development Manager PT GM AutoWorld Indonesia (GMAI) Harry Yanto, di sela-sela test drive Cruze di Bandung.

Setelah dirasa cukup stabil, ibu jari kiri menggeser tombol cruise control ke bawah untuk mengunci kecepatan di 100 km per jam dilanjutkan dengan kaki kanan istirahat di tempat.

Mematikan fungsi cruise control juga semudah menyalakannya, cukup menginjak ringan pedal rem seketika kendali kecepatan berpindah ke kaki kanan.

Sayangnya saat cruise control aktif kita tidak bisa mengontrol akselerasi melalui tuas persneling tiptronic 6 tingkat percepatan. Kendali akselerasi diambil alih oleh komputer dan akan berpindah gigi secara otomatis menyesuaikan kondisi medan.

Karena hanya bisa aktif saat tuas persneling di posisi D, praktis cruise control untuk ngebut tapi santai. Oh ya, jangan berharap menemukan fitur mengasyikan itu di varian transmisi manual yang harganya Rp 30 juta lebih rendah dari automatic (Rp 339 juta).

No comments:

Post a Comment