Wednesday, March 31, 2010

Honda CRV 2007 : Sistem Aneka Rasa

Namun rasanya bagi owner, Honda CRV tidak lengkap bila tidak menggunakan sistem audio di mobil. Untuk memanjakan telinga, pria ini menghadirkan sistem audio yang cocok dengan berbagai software musik. Maklum saat ini Hamid sedang kepincut sistem SQL, baginya sistem ini sangat kooperatif terhadap keinginannya mendengar aneka software musik, mulai dari mellow, pop, jazz hingga trance.

Sistem audio tersebut disetting workshop AJM Audioworks, salah satu workshop di Jakarta yang memiliki berbagai prestasi kontes audio. Langkah yang diambil Hamid tidak sia-sia, ditangan Steven, Installer AJM Audioworks, Honda CRV mampu menghadirkan sistem yang diinginkan oleh pria maskulin ini.
Sebagai Instalatur yang berhasil menggondol juara 1 kontes SQL EMMA 2010, Steven menciptakan sistem SQL untuk daily use. Hanya saja, instalatur humoris ini menyiasati ruang besar yang dimiliki Honda CRV agar tidak terkesan hampa/kosong. Mau tidak mau pada bagian bagasi ditambahkan sedikit kosmetik audio.

Produk SQ dan SPL
Mempercayakan head unit Clarion CX609A yang memiliki fitur tambahan bluetooth dan iPod sehingga software tidak hanya mengandalkan keping CD. Untuk pemasangan head unit yang berukuran 7" ini tidak ada kendala, pasalnya konsol dashboard memiliki ukuran yang sesuai dengan head unit aftermarket tersebut. Pilihan speaker yang bisa bekerja dengan frequency yang luas pun dipilih, Crescendo Opus 7 menjadi "senjata pamungkas" untuk penyembul suara di kabin depan. Brand Crescendo diakui memiliki reputasi sangat baik dikancah sound quality.

Pada pemasangan speaker, Hamid menginginkan dashboard nampak original tweeter dipasang tanpa merubah desain pilar A. Kemudian midbass terpasang pada doortrim tanpa merubah desain doortrim. Originalitas ternyata masih diinginkan Hamid, sebagai pemilik CRV. Tenaga dihasilkan dari power Grandeur G490 dan Grandeur G180 yang masing-masing bertugas sesuai dengan sistem yang terpasang, Grandeur G490 untuk speaker depan dan G180 untuk speaker belakang.

Pada bagasi disematkan subwoofer Grandeur 12 yang didukung dengan box sealed dengan ukuran 48 liter, subwoofer ini termasuk driver yang kental dengan hentakan low frequency maksimal, cocok juga untuk sistem SPL. Menurut Steven dengan ukuran box tersebut, subwoofer bisa berkerja dengan ruang box yang ideal. "Subwoofer bisa bekerja dengan maksimal," kata Steven.

Soal placement, Hamid hanya mewanti-wanti agar tidak mengganggu space ban serep, hal ini merupakan teory safety installations. Masih di bagasi, dipasangkan rear speaker 2 way JBL untuk menghadirkan frequency lebih dinamis. Maka placementnya pun mengikuti desain bagasi. Tambahan kosmetik audio, bikin bagasi terlihat kokoh

Karena accu yang digunakan masih standar, namun agar sistem tetap konstan maka dibutuhkan capasitor bank 1.5 farad berjumlah 2 unit, sehingga Hamid bisa dengan puas dengar audio.

Spesifikasi Audio :
Head unit : Clarion CX609A
Speaker : Crescendo Opus 7 (front)
JBL 2 way component (rear)
Power : Grandeur G490
Grandeur G180
Subwoofer : Grandeur 12"
Kapasitor Bank : Symbion 1.5 farad

No comments:

Post a Comment