Thursday, April 8, 2010

Honda Siapkan Dana Untuk Mengganti Uang Konsumen

Pabrikan mobil Jepang akhirnya bersedia menyelesaikan gugatan class action masyarakat Amerika yang menuntut perbaikan rem belakang pada 750.000 unit Honda Accords dan Acura TSX.

Kini Honda bersiap untuk menyediakan dana hingga US$ 2 juta untuk mengganti uang konsumen yang sudah terlanjur mengganti rem yang bermasalah dengan biaya sendiri tanpa garansi dari Honda.


Kedua mobil Accords dan Acura TSX model tahun 2008-2009 banyak dikeluhkan para penggunanya karena ditengarai memiliki disain yang tidak sesuai sehingga memberikan kekuatan berlebihan ketika pengemudi menginjak pedal rem mereka.

Gugatan bermula ketika ada masalah pada rem belakang mobil Honda, namun pabrikan ini menolak memberikan garansi perbaikan dan lalai memperingatkan bahaya rem belakang yang terlalu pakem itu ke konsumen.

"Saya sangat marah pada ketidakpedulian Honda dengan hal ini. Saya benar-benar frustrasi, ini adalah mobil Honda saya yang kedelapan. Mereka adalah mobil yang bagus," ujar Jerry Ongaro dari Naperville, Illinois seperti detikOto kutip dari The New York Times, Kamis (8/4/2010).

Jerry marah dan keget ketika mengetahui rem belakang Accord miliknya bermasalah padahal baru berjalan sejauh 26.000 mil tapi tidak mendapat garansi dan malah disuruh membayar US$ 256.

Badan Keselamatan Lalu Lintas Amerika Serikat atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) sendiri telah mendapat keluhan hingga 350 keluhan tentang masalah rem belakang tersebut.

Pada situs resminya, Honda menjelaskan bahwa distribusi rem elektronik akan dibuat lebih teliti untuk memastikan bahwa kekuatan pengereman dapat proporsional dan bantalannya pun dipercaya akan berumur lebih panjang. Sementara itu juru bicara Honda, Chris Martin tidak bersedia memberikan komentar mengenai hal ini.

No comments:

Post a Comment