Pabrikan mobil asal Amerika Ford memang berharap banyak pada hatchback mereka, Focus. Model ini diharapkan menjadi salah satu tambang uang Ford selain mobil mungil Fiesta yang juga akan masuk Indonesia.
Nah, karena minat masyarakat otomotif dunia begitu kuat, maka tidak asalah bila Ford pun akhirnya memproduksi sebuah model Focus limited edition yang hanya mereka produksi sebanyak 500 unit saja.
Namun uniknya, bukannya lahir di tanah leluhurnya, Amerika. Focus yang dinamakan Ford Focus RS500 ternyata malah dilahirkan di benua biru, Eropa dan akan dibangun di pabrik Ford Saarlouis di Jerman mulai pada bulan September 2010
mendatang serta tidak akan dimasukan ke tanah Amerika.
Melihat penampilan luarnya, Focus RS500 memang pantas disebuah sebagai edisi khusus dari Focus. Sebab tampang sporty yang biasa menghiasi wajah Focus, berubah jadi menyeramkan dengan body kit, spoiler belakang serta pelek hitam yang serasi dengan desain tubuh focus yang memang sudah punya bakat seram.
Tapi kegarangan sesungguhnya dari mobil ini ada di balik bonnetnya dimana mesin lima silinder berkapasitas 2.5 liter yang diusungnya sudah diacak-acak dan membuatnya jadi cukup menyeramkan.
Sebab untuk dapur pacu RS500, Ford sudah mengaplikasi turbocharge yang mampu mengangkat kekuatan mesin ini di putaran tengah dan atas serta mendukungnya dengan intercooler, filter box yang lebih besar untuk meningkatkan asupan udara
, knalpot yang lebih garang, fuel pump yang di upgrade yang keseluruhannya disetel agar menghasilkan tenaga yang lebih besar.
Karena itulah tidak salah bila kekuatan Ford Focus RS500 menjadi bertambah menajdi 325 hp dan mampu membawa Anda berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,6 detik saja.
Paket yang dibuat dengan menggandeng Revolve Technologies yang merupakan perusahaan pembuat aksesoris after market untuk produk-produk Ford tersebut sudah di tes jalan sejauh 6.200 mil nonstop di Nurburgring.
Sementara untuk ruang interiornya alias kabin, Ford mencoba berinteraksi dengan pengendara melalui serangkaian atraksi 'carbon effect' yang dipadu dengan warna merah. Sedangkan kesan sporty kembali terasa berkat adanya jok Recaro.
Meskipun begitu, Ford tidak serta merta 'menghabisi' beragam fitur pendukung seperti dual-zone climate control, a heated windshield, rear parking sensors, tire pressure monitoring, automatic headlights and wipers, keyless start, Bluetooth, voice control, USB input, a six-CD audio system hingga DVD-based navigation system.
"Kami ingin memastikan para penggemar Focus bisa menggeber RS500 hingga ke batasnya, tanpa ada ke khawatiran tentang stamina mobil," ujar Chief Program Engineer Focus RS500, Matthias Tonn seperti dikutip dari Motorauthority, Selasa (6/4/2010).
Nah, karena minat masyarakat otomotif dunia begitu kuat, maka tidak asalah bila Ford pun akhirnya memproduksi sebuah model Focus limited edition yang hanya mereka produksi sebanyak 500 unit saja.
Namun uniknya, bukannya lahir di tanah leluhurnya, Amerika. Focus yang dinamakan Ford Focus RS500 ternyata malah dilahirkan di benua biru, Eropa dan akan dibangun di pabrik Ford Saarlouis di Jerman mulai pada bulan September 2010
mendatang serta tidak akan dimasukan ke tanah Amerika.
Melihat penampilan luarnya, Focus RS500 memang pantas disebuah sebagai edisi khusus dari Focus. Sebab tampang sporty yang biasa menghiasi wajah Focus, berubah jadi menyeramkan dengan body kit, spoiler belakang serta pelek hitam yang serasi dengan desain tubuh focus yang memang sudah punya bakat seram.
Tapi kegarangan sesungguhnya dari mobil ini ada di balik bonnetnya dimana mesin lima silinder berkapasitas 2.5 liter yang diusungnya sudah diacak-acak dan membuatnya jadi cukup menyeramkan.
Sebab untuk dapur pacu RS500, Ford sudah mengaplikasi turbocharge yang mampu mengangkat kekuatan mesin ini di putaran tengah dan atas serta mendukungnya dengan intercooler, filter box yang lebih besar untuk meningkatkan asupan udara
, knalpot yang lebih garang, fuel pump yang di upgrade yang keseluruhannya disetel agar menghasilkan tenaga yang lebih besar.
Karena itulah tidak salah bila kekuatan Ford Focus RS500 menjadi bertambah menajdi 325 hp dan mampu membawa Anda berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,6 detik saja.
Paket yang dibuat dengan menggandeng Revolve Technologies yang merupakan perusahaan pembuat aksesoris after market untuk produk-produk Ford tersebut sudah di tes jalan sejauh 6.200 mil nonstop di Nurburgring.
Sementara untuk ruang interiornya alias kabin, Ford mencoba berinteraksi dengan pengendara melalui serangkaian atraksi 'carbon effect' yang dipadu dengan warna merah. Sedangkan kesan sporty kembali terasa berkat adanya jok Recaro.
Meskipun begitu, Ford tidak serta merta 'menghabisi' beragam fitur pendukung seperti dual-zone climate control, a heated windshield, rear parking sensors, tire pressure monitoring, automatic headlights and wipers, keyless start, Bluetooth, voice control, USB input, a six-CD audio system hingga DVD-based navigation system.
"Kami ingin memastikan para penggemar Focus bisa menggeber RS500 hingga ke batasnya, tanpa ada ke khawatiran tentang stamina mobil," ujar Chief Program Engineer Focus RS500, Matthias Tonn seperti dikutip dari Motorauthority, Selasa (6/4/2010).
No comments:
Post a Comment