Wednesday, February 10, 2010

Singapura Tidak Ketinggalan Recall Prius


Sebanyak 70 unit Toyota Prius yang dijual oleh pemegang merek Toyota di Singapura, Borneo Motors terkena pengaruh recall Prius.

Menurut laporan Channel NewsAsia, Rabu (10/2/2010) Borneo Motors mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka telah meminta pemilik untuk mengirim mobil mereka ke diler Toyota di Singapura untuk upgrade software sistem ABS.


Borneo Motors pun menambahkan, kalau ini adalah kali pertama mereka melakukan pemanggilan kepada pemilik mobil Prius untuk upgrade software, yang dikatakan hanya akan memakan waktu selama satu jam.

Unit yang terkena recall adalah Prius generasi ke tiga, produksi januari 2009 dan bulan lalu. Sementara itu, recall terakhir yang pernah dilakukan di Singapura adalah pada 2003 terhadap Corolla generasi ke sembilan.

Dari total global recall yang melibatkan 400.000 mobil, termasuk juga model Plug-in Hybrid, SAI dan HS250h. Namun, Borneo Motor menyatakan, untuk ketiga model lain tersebut tidak ada masalah di Singapura.

Nah, bila di Singapura, Toyota jujur dalam menarik produknya, di Indonesia, Toyota mengatakan Prius tidak ada masalah. Hanya ada masalah pemprograman sistem komputerisasi mobil.

Anehnya meskipun memiliki masalah yang sama dengan Singapura, Toyota di Indonesia tidak mau menyebut hal tersebut sebagai sebuah bentuk penarikan kembali atau recall. Toyota di Indonesia hanya mau mengatakan Prius, tidak bermasalah dan hanya butuh sedikit perbaikan. Dan itu bukan recall.

"Enggak ada masalah di Indonesia. Lagi pula apa yang mau direcall. Itu kerusakannya hanya pada programnya saja. Dan itu tinggal di-reprogram saja dan dia akan sempurna lagi," kata Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan.

No comments:

Post a Comment