Sunday, August 19, 2012

Motor Listrik, Baterai Bisa Dilepas?

-- Berita Automotif -- Bagi yang masih belum percaya dengan motor listrik, ketakutan terbesar adalah bila baterai listrik habis di tengah jalan. Zero Motorcycles merupakan spesialis motor listrik sepertinya sadar benar dengan hal itu.

Karena itu di motor terbarunya, Zero XU, Zero Motorcycles dengan cerdik mengaplikasi baterai yang bisa dicopot dan menjual baterai cadangannya. Jadi bila baterai habis di tengah, si pengendara tinggal mencopotnya dan menganti dengan baterai cadangan.

"Kami sangat gembira untuk mengumumkan model kelima kami untuk 2011. Zero XU sangat ideal untuk mereka yang tinggal dan bekerja di kota," ungkap CEO Zero Motorcycles.

Motor bermodel streetbike ini merupakan model kelima Zero Motorcycles. Sebelumnya sudah hadir motor listrik tipe X, MX, S dan DS.

Keistimewaan motor ini tentu pada fitur baterai yang bisa dilepas dengan mudah bila para pengendara XU kehabisan baterai di tengah jalan.

Baterai cadangan bisa digunakan oleh para pemilik XU untuk mencapai rumah atau tempat untuk mengisi ulang baterai utama mereka.

Baterai lithium ion berkekuatan 2 kWh yang digendong XU identik dengan yang digunakan dalam Zero X dan Zero MX dan dapat digunakan secara bergantian. Menurut Zero, baterai ini dapat diisi penuh dalam waktu sekitar dua jam. Bila terburu-buru, baterai ini cukup diisi dalam waktu 1 jam untuk mengisi 90 persen baterainya.

Tampilan motor ini terlihat sangat sederhana. Namun keserderhanaan itulah yang menjadi senjata. Suspensi depan 5,3 inci dan 5,5 inci di belakang sangat cukup untuk membuat motor ini melibas jalan yang tidak rata.

Sistem pengereman dengan dua piston di depan dan satu piston di belakang yang berpadu dengan disc 220mm cukup untuk menghentikan laju motor yang menggunakan roda berukuran 19 inci di depan dan 16 inci di belakang.

Untuk motor anyarnya ini Zero Motorcycles melepasnya dengan harga US$ 7.995 (Rp 70,3 jutaan) dengan paket baterai yang dijual terpisah.

No comments:

Post a Comment