Wednesday, October 17, 2012

Ini Dia Mobil Listrik dengan Akselerasi Tercepat di Dunia


Berita Otomotif | Muka kata orang bisa menipu. Jangan tertipu dengan penampilan mobil BMW ini, sebab mesinnya sudah bukan mesin bensin lagi, tetapi motor listrik. Hebatnya lagi, mobil ini tercatat sebagai mobil listrik dengan akselerasi tercepat dan tercatat di buku rekor!

Mobil BMW E30 listrik ini memiliki tenaga minimal 600 daya kuda, dan torsi setara 900 Nm. Motor listriknya cukup untuk membawa mobil, berlari dari 0-100 km per jam dalam 3,3 detik dan memiliki kecepatan maksimum 280 km per jam.

Mobil ini rupanya dimodifikasi oleh CEO Rimac Automobili Mate Rimac. Rimac mengaku ketika mengubah mesin mobil menjadi kendaraan listrik, membuat dirinya tertarik membuat mobil dari awal, dari benar-benar berupa sketsa.

"Saya memiliki mobil BMW E30 (model 1984), yang saya gunakan untuk drift dan balapan. Di satu balapan, mesinnya meledak, lalu saya memutuskan untuk membangun mobil listrik," ujar Rimac di situs resmi Rimac Automobili.

Rimac memodifikasi mobil itu selama 5 kali. Setiap kali perubahan, mobil berbeda dari versi sebelumnya.

"Power electronics, motor dan baterai setiap pengembangan, diganti agar lebih ringkas lebih ringan dan lebih bertenaga. Mobil melaju lebih cepat, lebih ringan dan lebih bisa diandalkan," ujar Rimac.

Akhirnya setelah 3 tahun dikembangkan, Rimac mewujudkan BMW listrik miliknya yang dinamai e-M3. "Mobil ini menjadi salah satu mobil listrik yang tercepat dan paling menarik di dunia. Kami menyadari bahwa tidak banyak lagi BMW yang tersisa di mobil ini," ujar Rimac.

Rimac berhasil mencetak 5 rekor dunia pada 17 April 2011 ketika dia membawa mobil tersebut di lintasan 2 mil dekat Zagreb, Kroasia. Berikut data rekornya:
- 1/8 mil: 7,549 detik
- 1/4 mil: 11,808 detik
- 1/2 km: 13,714 detik
- 1 km: 23,260 detik
- 1 mil: 35,347 detik

No comments:

Post a Comment